var id = "ea68d093a9c77826ef3b7cb717802b3b395d74f4"; class="post-template-default single single-post postid-82 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Kenali Tanda Anak Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya!

Susu sapi menjadi salah satu minuman penting bagi pendukung pertumbuhan anak. Dalam susu sapi terkandung berbagai nutrisi seperti kalsium, protein, dan lemak. Namun, tidak semua tubuh anak bisa merespon minuman ini dengan baik. Kondisi tersebut yang menyebabkan anak alergi terhadap susu sapi.

konsultasi dokter anak

Dikutip dari Klikdokter, alergi susu sapi terjadi karena kondisi gangguan fungsi sistem imunitas pada tubuh anak. Sistem kekebalan tubuh menganggap protein pada susu sebagai benda yang berbahaya. Biasanya gejala yang timbul karena alergi susu sapi yaitu di antaranya gatal-gatal, gangguan pencernaan, dan muntah.

Beberapa Tanda Anak Alergi Terhadap Susu Sapi

Munculnya reaksi dari alergi susu sapi pada setiap anak berbeda, tetapi umumnya reaksi muncul dalam hitungan menit hingga jam setelah anak mengonsumsi susu. Inilah tanda-tanda yang muncul karena alergi susu sapi.

1. Reaksi yang Muncul Dalam Hitungan Menit

Tanda-tanda alergi susu sapi yang timbul dalam hitungan menit yaitu bengkak pada bibir, lidah, atau amandel. Tanda lainnya gatal-gatal atau rasa seperti disengat sekitar mulut dan bibir, muntah, batuk, mengi atau bengek (napas yang diiringi bunyi melengking), dan sesak napas.

2. Reaksi yang Muncul Dalam Hitungan Jam

Reaksi yang timbul pada anak yang memiliki alergi susu sapi di antaranya yaitu diare, terjadi ruam-ruam pada kulit, dan muntah. Reaksi yang terjadi dalam hitungan sangat jarang karena umumnya tubuh akan beraksi cukup cepat saat mengalami alergi.

3. Reaksi yang Muncul Setelah Beberapa Hari

Sebagian reaksi yang timbul setelah beberapa hari megonsumsi susu sama seperti reaksi yang terjadi dalam hitungan menit atau jam seperti ruam dan gatal di sekitar mulut, mengi, dan diare. Namun, diare ini bisa sampai disertai dengan darah. Gejala lainnya yaitu mata berair, mengalami pilek, eksim, dan kram perut. Terjadinya kolik jika pada bayi.

4. Anafilaksis

Anafilaksis merupakan reaksi alergi parah yang bisa menyebabkan kematian pada penderita, termasuk alergi dari susu sapi. Anafilaksis menyebabkan saluran pernapasan menyempit yang membuat jalan pernapasan terhambat. Anafilaksis harus segera ditangani.

Beberapa tanda reaksi anafilaksis yang harus diwaspadai yaitu wajah memerah dan gatal-gatal di seluruh tubuh, sesak napas, serta tekanan darah turun yang menyebabkan syok. Segera periksa ke dokter atau konsultasi dokter anak jika anak memiliki tanda-tanda alergi susu, walaupun reaksi yang ringan.

Cara Penanganan Alergi Susu Sapi

Anda tidak perlu khawatir ketika Si Kecil mengalami alergi susu sapi jika bisa mengatasinya dengan cepat. Apabila melakukan penanganan yang tepat, pada umumnya alergi susu bisa berlalu dan pertumbuh kembangan anak tetap optimal.

1. Perhatikan Makanan Pantangannya

Langkah utama menangani alergi susu yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung susu sapi dan semua jenis produk turunannya. Misalnya seperti mentega, krim, keju, dan yoghurt. Makanan lain yang mengandung susu seperti biskuit, kue, dan puding juga tidak boleh.

Di samping itu, menantang makanan tersebut tergantung ringan atau beratnya alergi yang dialami. Jika reaksi alergi ringan masih memungkinkan untuk anak mengonsumsi roti atau kue yang mengandung susu. Namun, anak yang memiliki reaksi alergi berat sebaiknya tetap dipantang.

2. Cari Makanan Pengganti

Susu dan produk turunannya memiliki kandungan kaya protein, vitamin D, vitamin B12, kalsium, magnesium, fosfor, dan zink. Oleh karena itu, Anda harus memilih makanan yang tetap bisa memenuhi nutrisi dengan lengkap dan seimbang. Jangan sampai Anda hanya memantang makanannya tanpa memberikan makanan pengganti yang punya gizi setara.

Anda bisa mencari di berbagai internet jenis makanan yang bisa dijadikan pengganti susu sapi dan produk turunannya. Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter atau konsultasi dokter anak dengan menjelaskan alergi yang dialami Si Kecil dan melakukan penanganan yang tepat di aplikasi Klikdokter. Anda bisa berkonsultasi selama 24 jam.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>