Cara membaca grafik MTF Nikon

Cara membaca grafik MTF Nikon

Nikon telah memberikan data MTF untuk hampir semua tujuan, kecuali untuk beberapa model yang sangat tua (lebih dari 10-15 tahun). Data dari grafik MTF Nikon memiliki nilai-nilai ini

lensa kinerja di aperture maksimum
lensa kinerja fokus lensa panjang pendek dan panjang
Kontras dan resolusi untuk garis sagital dan Southern
Silindris dan chromatic aberration lateral yang
bidang kelengkungan

Grafik di bawah ini adalah MTF untuk lensa AF-S Nikkor 50mm f 1.8G

Seperti yang Anda lihat, Nikon 50 mm f 1.8G memiliki kontras cukup baik untuk kedua saluran sagital dan meridoniali di pusat lensa untuk maksimum f 1.8 aperture. Resolusi ini juga baik di tengah dan jatuh dengan lembut ke luar di mana, bagaimanapun, agak terbatas. Hampir tidak ada kurva, menunjukkan bahwa ada kehadiran kelengkungan bidang. garis sagital dan selatan dipisahkan cukup dramatis pada akhir untuk 10 baris mm (kontras) tapi jauh lebih terbatas untuk 30 baris mm (resolusi), yang berarti bahwa Silindris dan chromatic aberration lateral yang kurang jelas pada plot tujuan (30 baris mm, sebenarnya).

Baca Juga : Sewa Lighting Panggung Jakarta

Cara membaca grafik Canon MTF

Canon, Nikon, telah menghasilkan grafis ini untuk hampir semua tujuannya. Seperti disebutkan, jangan berharap untuk melihat grafik yang mirip dengan Nikon, Canon menggunakan sebagai parameter lain, dimulai dengan kinerja lensa di f 8. Singkatnya, ini adalah mungkin untuk memahami dari Canon MTF

lensa kinerja di aperture maksimal f  8
lensa kinerja fokus lensa panjang pendek dan panjang
Kontras dan resolusi untuk garis sagital dan Southern
Silindris dan chromatic aberration lateral yang
bidang kelengkungan
pergeseran fokus

Di bawah lensa MTF grafik Canon EF 50mm f 1.8 II

Sekarang mata pasang garis yang solid dan putus-putus. Seperti yang ditunjukkan oleh legenda menunjukkan nilai sagital (terus menerus) dan selatan (putus-putus). Lebih garis samping satu sama lain, semakin rendah akan kehadiran Silindris di lensa. Lensa grafik di atas, oleh karena itu, tidak menderita hampir Silindris menjadi garis berikutnya. Seperti yang bisa dilihat, namun, garis dipisahkan di tengah-tengah jari-jari lensa, yang masuk akal untuk mengharapkan, dalam posisi itu, sedikit ‘astigmatisme.

Grafik MTF lebih kompleks daripada Nikon tapi memberikan informasi lebih lanjut.

Garis tebal mewakili tindakan kontras (10 baris mm), sedangkan garis tipis mewakili resolusi (30 baris mm). Garis hitam menunjukkan kinerja pada aperture maksimal, sementara garis biru menunjukkan kinerja di f 8. Garis tebal mewakili pengukuran sagital, sedangkan garis putus-putus mewakili pengukuran Selatan.

Juga, karena lensa tidak kurva naik dan turun sekitar grafik, kita dapat juga menyimpulkan bahwa lensa khusus ini tidak menderita masalah kelengkungan lapangan bergelombang seperti dalam contoh awal (grafik disederhanakan).

Bisnis

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*